Tips Lulus Ujian Nasional

Be Smart - Ujian nasional adalah tahap akhir perjuangan bagi siswa kelas 3, baik SMP maupun SMA, karena ini merupakan penentuan bagi siswa terhadap hasil belajarnya selama enam semester, karena kita tahu bahwa lulus atau tidak lulusnya tergantung dari kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal ujian yang diadakan kurang lebih tiga hari berturut-turut itu. Lulus ujian nasional adalah harapan bagi setiap siswa, apalagi lulus dengan nilai yang sangat memuaskan. Namun untuk mencapai itu semua tidak semudah yang dibayangkan, butuh usaha dan kerja keras yang cukup tinggi. Tidak hanya memiliki kemampuan dalam menjawab soal, tetepi harus dibarengi dengan mental serta kepercayaan diri yang kuat. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi tips bagaimna cara lulus ujian nasional dengan mudah dan dengan nilai yang memuaskan.
 
Belajar sungguh-sungguh
Kurangi waktu bermain dan bersenang- senang, Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk belajar. Belajar selama 30 menit setiap hari itu lebih baik ketimbang belajar satu minggu sekali selama lima jam.tidak hanya belajar pada materi kelas tiga saja, tetapi Wajib membuka kembali materi-materi yang pernah dipelajari pada kelas satu dan dua, karena soal yang diujikan juga diambil dari materi kelas satu dan dua.
 
Manfaatkan latihan online
Jika kita bingung untuk mencari buku-buku pelajaran kelas 1, 2 dan 3 maka manfaatkanlah internet sebaik mungkin untuk browsing atau mencari soal-soal latihan, jawaban dan soal-soal ujian nasional sebelumnya yang bisa kita pelajari. Selain itu, cobalah sharing kepada teman-teman kita atau guru di sekolah mengenai materi yang belum kita pahami, karena dengan seperti itu pemahaman kita akan bertambah.
 
Persiapkan semua kebutuhan baik fisik maupun mental
Sehari sebelum  ujian nasional akan diadakan, persiapkan perlengkapan ujian yang dibutuhkan seperti pensil (2B), penghapus, penggaris dan papan alas. Hindari kecemasan yang terlalu dalam, tenangkan pikiran, jangan begadang sampai larut malam agar fisik siap untuk menghadapi ujian pada esok harinya.
 
Optimis dan percaya diri yang tinggi
Yang paling utama yang harus dilakukan pada saat menghadapi ujian adalah memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi dan optimis bahwa kita bisa lulus ujian nasional dengan nilai yang sangat tinggi. Isilah identitas pada lembar jawaban dengan baik dan benar, hindari rasa grogi yang berlebihan, jangan sampai keringtan apalagi keringat sampai manetes pada lembar jawaban.

0 comments:

Komentar