Langkah Langkah Belajar Pemrograman Pascal

Lintas Informatika - Pagi sobat blogger, uda tau apa itu Pascal ? Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman yang biasanya diajarkan di pengenalan atau dasar – dasar pemrograman. Di semester 1 saya juga diajarkan Pemrograman Dasar yang dimana di dalamnya belajar make pascal.  Belajar Pascal sendiri tentu ada langkah – langkah awal memulainya, yang ingin saya tunjukkan disini adalah beberapa software yang bisa digunakan untuk membantu anda dan juga beberapa referensi atau tutorial Pascal.

Walaupun nama Pascal sendiri sering dikonotasikan bahasa pemrograman yang kuno karena tampilannya masih menggunakan DOS, tapi hal ini merupakan salah kaprah karena biasanya software yang digunakan untuk mengajar adalah TurboPascal.

Salah satu bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia adalah Delphi yang merupakan salah satu dialeknya atau variasi dari bahasa Pascal itu. Jadi Pascal sendiri masih dapat disebut sebagai bahasa pemrograman yang modern.

Tentu saja setelah pengenalan saya akan berikan beberapa langkah awal dalam mempelajari Pascal.
Software alternatif dari Turbo Pascal yang anda bisa gunakan untuk mempelajari Pascal:
DevPascal (Windows)
FreePascal (Windows, Linux)

FreePascal sendiri dapat digunakan sebagai alternatif Delphi dan bisa ditambahkan dengan Lazarus sehingga mirip dengan Delphi. Tutorial dan referensi yang dapat anda gunakan untuk belajar Pascal bisa kunjungi situs ini

IlmuKomputer
SheepDogGuide

Nah untuk postingan terkait program pascal mohon ditunggu ya ^_^

0 comments:

Komentar