8 Hal Yang Dilakukan Setelah Install Ubuntu 12.04 LTS

Selamat malam sobat blogger semua, semoga kalian sedang dalam keadaan sehat ^_^ . Lanjut lagi ya postingan saya masih seputaran Ubuntu, menjawab kelanjutan dari langkah instalasi Ubuntu di postingan Cara Install Ubuntu 12.04 LTS, apa saja yang mesti kita lakukan setelah sukses install Ubuntu di kompi kita? Ya semua itu akan segera terjawab, hanya di . . Jreng Jreng Jreng . . cekidot :v



1. Hal yang paling utama dan wajib adalah mencari koneksi internet, baik itu LAN, Wifi atau USB Modem. tapi untuk modem ada beberapa tahap penginstallan tergantung jenis, type dan versi modem. untuk sementara silahkan anda googling sesuai modem anda.

2. Jika sudah tersedia koneksi internet untuk ubuntu anda, saatnya untuk Update Ubuntu, Bisa menggunakan Update Manager (search di Dash Home) atau menggunakan perintah melalui terminal. untuk membuka terminal tekan Ctrl+Alt+T, untuk upgrade ketikkan kode berikut :

sudo apt-get upgrade

3. Menginstall Ubuntu Restricted Extras, dengan cara jalankan ke "Ubuntu Software Center" jika telah masuk pada kolom pencarian ketikkan "Ubuntu Restricted" jika telah muncul bisa langsung menginstall dengan cara menklik tombol install atau ke menu File --> Install

 
Untuk via terminal copas kode berikut :

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras


Ubuntu Restricted Extras berguna agar kita dapat memutar file dengan format-format tertentu seperti  MP3, MP4, MPEG, AVI, Flash dan lain-lain.

4. Berikutnya menginstall Ubuntu Tweak untuk konfigurasi ubuntu, seperti mengubah Unity, Font, Theme, Icon, serta untuk membersihkan Ubuntu.dll caranya sbb:

sudo add-apt-repository ppa:tualatrix/ppa

sudo apt-get update

sudo apt-get install ubuntu-tweak


 5. Install VLC Media Player, vlc adalah software media player yang sangat populer untuk memutar berbagai macam format file video dan file audio.
Untuk menginstalnya bisa melalui "Ubuntu Software Center" atau via Terminal dengan meng-copas kode berikut :
sudo apt-get install vlc

6. Install Cheese Webcam Booth, ini adalah aplikasi webcam. Kita bisa memotret, membuat video dan memberikan efek-efek tertentu. aplikasi ini dapat diinstall melalui "ubuntu software center" atau melalui terminal dengan meng-copas kode berikut :
sudo apt-get install cheese
7. Install Google Chrome atau Chromium, Chrome adalah salah satu webbrowser populer saat ini, untuk menginstall bisa melalui "Ubuntu software center" atau melalui termina dengan megcopas perintah berikut :
sudo dpkg -i Download/google-chrome-stable_current_i386.deb
8. Mengintall Adobe Flash Player, Flash Player berfuguna agar kita bisa memutar video di web browser, bermain game flash dan lain-lain yang berhubungan dengan format Flash. Untuk menginstallnya bisa melalui "ubuntu software center" atau melalui terminal dengan menggunakan kode berikut :

sudo apt-get install flashplugin-installer


Nah itu saja dulu sobat, jika ada yang punya tips lain silahkan sumbangkan komentar anda dibawah. Ingat kawan BERBAGI ITU INDAH :) .

0 comments:

Komentar