Cara Install Ubuntu Via USB Flashdisk

Postingan sebelumnya di Cara Install Ubuntu 12.04 LTS, saya sudah menjelaskan bagaimana cara install Ubuntu dan disitu saya menjelaskan installnya memakai CD, nah selain memakai CD ada cara gampang lagi. Pakai apa ? DVD ? bukan.. tapi Flashdisk, gadget yang ringan yang saya yakin setiap orang pasti sudah punya. Dengan menginstallnya di dalam flash disk, anda punya banyak kesempatan untuk bereksperimen tanpa harus mengganggu sistem operasi yang sudah ada di komputer/notebook. Nah bagaimana caranya install Ubuntu pakai Flashdisk ? Baca baik baik, duduk manis, mata fokus ke laptop, check this out . .

Universal USB Installer, ya itulah nama aplikasi yang akan kita pakai. Aplikasinya ringan bisa di download disini download Universal USB Installer kemudian jalankan aplikasi tersebut.
Cara Mudah Install (Ubuntu) Linux di Flash Disk Menggunakan Universal USB Installer 

Langkah langkahnya :
1) Pada bagian menu dropdown pada aplikasi ini, pilih sistem operasi Linux yang akan diinstall. Karena menggunakan Ubuntu, maka saya memilih Ubuntu pada bagian ini.
2) Pada bagian Browse, pilih lokasi dari file ISO yang ingin diinstall ke dalam flash disk.
3) Pada drodown menu menu bagian bawah, pilih drive dari flash disk yang ingin ditempati Ubuntu Linux. Pilih Erase content jika anda ingin menghapus semua file yang ada pada flash disk.



4) Pada bagian “slider” dari kapasitas file, kita bisa memilih berapa kapasitas yang akan digunakan untuk Ubuntu. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.
5) Terakhir klik tombol Create dan tunggu sampa semua proses selesai.

Setelah semua proses selesai, sekarang coba restart komputer/notebook anda dan booting melalui flash disk yang baru saja diisi file dari Ubuntu. Tunggu sampai beberapa saat, sampai anda bisa melihat Ubuntu tampil di desktop. Gampang ya ? ^_^

1 comments: