Cara Install Ubuntu 12.04 LTS

Selamat pagi sobat blogger. Kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips / tutorial install Ubuntu 12.04 LTS. Nah jika kalian belum punya installer dari Ubuntu ini sendiri, kalian bisa di download disini nih :  Download Ubuntu Precise Pangolin 12.04 LTS.
OK guys , jika kalian uda punya, burn file tersebut kedalam CD. Abis tu kita cuss mulai install Ubuntu. Yuk simakk...

Cara Install Ubuntu 12.04 LTS (Precise Pangolin)
1. Masukkan CD Ubuntu installer yang uda kalian burn ke dalam CD, lalu restart komputer.
2. Atur agar booting dari CD/DVD, tekan F2 atau DEL (tergantung BIOS kalian ya), cari  dibagian boot priority, nah ikuti saja petunjuk disana, atur agar CD/DVD berada diatas.
3. Setelah Ubuntu telah boot, Anda akan disajikan dengan layar yang terlihat seperti ini:
4. Klik Install Ubuntu untuk menginstal. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini:
Centang kedua kotak, ini tujuannya untuk menginstal semua pembaruan ketika menginstal, yaitu pembaruan seperti, Music Player, Video Player dll, karena defaultnya ubuntu gak ada music playernya, jadi harus update sendiri lewat ubuntu software center.
Anda juga harus memiliki minimal 4.5GB ruang kosong yang tersedia, jika tidak maka Anda tidak dapat dilanjutkan. jika di centang(untuk pembaruan) harus tersambung dengan internet, tapi jika gak ada koneksi, tidak dicentang juga gak papa. tetapi Anda tidak akan bisa mendapatkan update, atau sembarang paket bahasa yang mungkin anda butuhkan.
5. Selanjutnya Anda bisa memilih cara untuk menginstal ubuntunya:
Disini saya mempunyai komputer yang sudah terinstall Windows 7, sehingga saya tidak akan memilih untuk menggunakan seluruh disk.
Untuk itu anda dapat menentukan partisi secara manual (Something Else). Dan anda juga dapat Memilih untuk Dual Boot atau menginstal bersama windows(jika komputer sudah terinstal windows). Ini akan kita bahas pada pertemuan berikutnya.
Yaitu Anda akan disajikan dengan menu dengan pilihan untuk memilih sistem operasi setiap kali Anda menyalakan komputer Anda.
Jika sudah memilih cara penginstalan, Klik "Continue".
6. Lalu Anda akan disajikan dengan layar konfirmasi, seperti ini:
Klik "Install Now" untuk memulai instalasi.
Anda akan ditanya beberapa pertanyaan dalam satu detik tentang di mana Anda, apa nama Anda, dan bagaimana Anda ingin komputer Anda mengatur. Ini adalah untuk pengaturan waktu, nama pengguna, dan folder home.
Where are you?
Pilih lokasi Anda dengan mengklik di peta. Hal ini untuk memilih zona waktu anda dan daerah anda.
Keyboard Layout
Pilih saja Defaultnya English(US) atau sesuaikan dengan keyboard anda.
Who are You?
Silahkan isi dengan memasukkan user name, nama pengguna, password sesuai yang anda inginkan (saran saya jangan memakai password yang panjang panjang amat, karena nanti akan menyusahkan kalian saat setting segala hal di terminal Ubuntu)
Setelah selesai mengisi, Klik "Continue".
Silahkan Duduk sambil baca Komik Naruto (kalo punya :p) untuk menikmati tayangan slide tentang Ubuntu, semua gratis, full-versi software yang Anda miliki, dan seberapa besar itu adalah untuk menginstal Ubuntu 12,04 LTS (Precise Pangolin).
Setelah beberapa menit, Ubuntu kalian sudah selesai diinstal. Namun tidak selesai sampai disini, masih banyak hal yang perlu kalian lakukan seperti misalnya Update Ubuntu, Install VGA, dll. Trus gimana caranya ? Mau tau ? Tunggu ya postingan admin selanjutnya ^_^ . Tapi sampai sejauh ini kalian udah bisa kok memakai fitur fitur Ubuntu misalnya Library Office (sejenis Ms. Word lah ). Ok sobat, sampai disini dulu ya, semoga bisa membantu kalian ^_^ .

0 comments:

Komentar