Mengatasi Memori Internal Penuh di Android 'Internal Phone Storage is Getting Low'

Android Apps
Lintas InformatikaSistem Operasi Android belakangan ini tengah menjadi trend, begitu pula dengan tablet yang mengusung OS tersebut. Sayangnya dibalik kecanggihan yang ditawarkan ponsel ataupun tablet yang memiliki sitem operasi android ada sedikit kekurangannya, yaitu memory internal yang mudah sekali penuh. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh terlalu sedikitnya ruang penyimpanan yang ditawarkan, melainkan disebabkan juga oleh pengguna yang terlalu banyak menginstal aplikasi. Pesan yang sering keluar adalah Internal Phone Storage is Getting Low

Memory internal yang sudah penuh atau hampir penuh akan membawa dampak buruk bagi ponsel dan tablet itu sendiri. Misalnya sms yang tidak mau masuk, kinerja gadget yang mulai melambat sampai terjadinya LAG ketika bermain game. Dan jika hal ini dibiarkan, secara perlahan anda telah merusak gadget anda sendiri. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya akan share tips tentang cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Android 'Internal Phone Storage is Getting Low'. Simak baik baik ya :)

1. Bersihkan Cache Aplikasi

Cara ini memang tidak akan membebaskan memori internal telepon dalam jumlah banyak, tapi setidaknya bisa menambah free memory beberapa MB. Yang harus Anda lakukan adalah menghapus cache aplikasi Android. Apa itu Cache?

Cache aplikasi Android adalah semacam data-data yang disimpan sementara di memori telepon. Setiap ada aplikasi Android yang diaktifkan / di jalankan, maka akan ada Cache yang tersimpan. Cache ini berfungsi agar pada saat aplikasi diaktifkan kembali prosesnya tidak akan memakan waktu lama (mempercepat proses aktivasi aplikasi).

Cache dari aplikasi adalah salah satu penyebab mengapa memori internal telepon seperti terus berkurang padahal Anda tidak menginstall aplikasi baru atau mengupdate aplikasi.
Untuk dapat menghapus cache aplikasi Android dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Tekan tombol HOME
2. Tekan tombol MENU
3. Klik Settings (Pengaturan)
4. Klik Applications (Aplikasi)
5. Klik Manage Applications (Kelola Aplikasi)
6. Klik pada salah satu aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya
7. Klik Clear Cache

Saya tahu kalau harus menghapus satu persatu cache dari aplikasi Android akan memakan waktu yang lama. Untuk mempermudahnya, kita dapat menginstall aplikasi yang dapat menghapusnya dalam sekali klik. Ada beberapa aplikasi yang dapat melakukan tugas ini. Dalam contoh kali ini, Saya akan menggunakan aplikasi History Eraser buatan INFOLIFE LLC. Berikut tahap-tahap untuk menggunakannya:

1. Install aplikasi History Eraser dari PlayStore
2. Buka Aplikasi History Eraser
3. Beri tanda centang pada tulisan “Clear All Apps Cache”. Anda juga dapat memberi tanda centang pada yang lainnya jika ingin menghapusnya dalam sekali klik. (lihat gambar dibawah)


                                                                Aplikasi History Eraser
Keterangan Gambar:
· Tulisan “Total” yang berada di kiri atas gambar (berlatar warna merah) menandakan total kapasitas memori internal telepon.
· Tulisan “Avail” yang berada di kanan atas (di bagian berwarna hijau) menandakan kapasitas memory internal yang tidak digunakan (Available).
4. Setelah diberi tanda centang, klik “Clean Selected” > Klik “Do it”
Proses ini dapat menghemat memori internal sekitar 10 MB – 20 MB, tergantung dari banyaknya aplikasi yang terinstall dan juga seberapa sering Anda mengaktifkan aplikasi.

2. Pindahkan Aplikasi Android ke SD Card

Jika Anda menggunakan sistem operasi Android 2.2 (Froyo) atau Android 2.3 (Gingerbread), maka untuk mengatasi memori telepon penuh, Anda dapat memindahkan aplikasi ke SD card . Caranya dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Tekan tombol HOME
2. Tekan tombol MENU
3. Klik settings (Pengaturan)
4. Klik Applications (Aplikasi)
5. Klik Manage Applications (Kelola Aplikasi)
6. Klik pada salah satu aplikasi yang mau dipindahkan ke SD card
7. Klik Move to SD card (Pindahkan ke SD card)

Kelemahan dari cara ini adalah ada beberapa aplikasi yang tidak dapat dipindah ke SD card atau tulisan “Move to SD Card”-nya tidak bisa di klik (berwarna buram) seperti contoh pada gambar dibawah.
Mengatasi Memori Internal Penuh di Android 'Internal Phone Storage is Getting Low'

Aplikasi Android tidak dapat dipindah (Move to SD card tidak bisa di klik)
Catatan: Bila pada informasi aplikasi tidak dapat ditemukan tulisan “Move to SD card” dan adanya tulisan “Move to Phone” berarti aplikasi sudah terinstall di SD card, jadi tidak perlu dipindah lagi. Beberapa aplikasi walau dapat “dipaksa” dipindah ke SD card, namun sebaiknya jangan dipindah karena aplikasi tersebut bisa tidak dapat berjalan dengan baik. Contohnya Adobe Flash Player pada gambar diatas.

3. Copy File Dump dari Memori Internal ke SD Card

Nah cara yang ketiga adalah cara yang sering saya terapkan. Kalian dapat menyalin semua file dump dari memori internal ke SD Card, karena file dump dapat mengkonsumsi sejumlah besar memori internal.
Metode ini tidak menghapus file. File dump bukan file penting yang berupa log atau laporan kesalahan untuk debugging.

Catatan: Metode ini berlaku untuk ponsel Samsung saja.


Mengatasi Memori Internal Penuh di Android 'Internal Phone Storage is Getting Low'


Instruksi:

Dial * # 9900 #
Pilih "Copy to SD Card"

Catatan: Hanya Pilih "Copy to SD Card". Berhati-hatilah.

Tergantung pada dari seberapa banyak waktu yang Anda telah menggunakan ponsel Anda & berapa banyak aplikasi yang telah Anda install/menginstal ulang, memori yang dapat Anda bersihkan bervariasi mulai dari 5-10 MB. Dan saya coba sendiri alhasil berhasil free 10 MB, lumayan bukan ?

tag : Mengatasi Memori Internal Penuh di Android 'Internal Phone Storage is Getting Low' | Tips Mengatasi Memori Internal Low Di Android | Cara Mengosongkan 5-10 MB di Internal Memory Samsung | Cara Mengatasi Memori Internal Android Penuh | Cara Copy File Dump dari Memori Internal ke SD Card

referensi : http://droidunj.blogspot.com/2012/07/tips-mengatasi-memori-internal-penuh-di_4475

0 comments:

Komentar