Kumpulan Materi Kuliah Basis Data (Database)

Lintas Informatika - Semester 2 lalu di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika,UNDIKSHA, saya menempuh mata kuliah Basis Data yang diajarkan oleh Bapak. Nah mungkin ada di antara kalian yang bertanya apa itu Basis Data ? Basis Data adalah sekumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu. Untuk apa ada Basis Data ? Banyak kegunaan dari Basis Data itu sendiri. Berikut simak informasi yang saya berikan di bawah ini :

Tujuan Pemanfaatan Basis Data

1. Kecepatan dan Kemudahan
Yakni agar pengguna basis data bisa:
-menyimpan data
-melakukan perubahan/manipulasi terhadap data
-menampilkan kembali data dengan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan cara biasa (baik manual ataupun elektronis).

2. Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space)
Dengan basis data kita mampu melakukan penekanan jumlah redundansi (pengulangan) data, baik dengan menerapkan sejumlah pengkodean atau dengan membuat relasi-relasi antara kelompok data yang saling berhubungan.
Agar data sesuai dengan aturan dan batasan tertentu dengan cara memanfaatkan pengkodean atau pembentukan relasi antar data bersama dengan penerapan aturan/batasan (constraint) tipe data, domain data, keunikan data dsb.

3. Ketersediaan (Availability)
Agar data bisa diakses oleh setiap pengguna yang membutuhkan, dengan penerapan teknologi jaringan serta melakukan pemindahan/penghapusan data yang sudah tidak digunakan / kadaluwarsa untuk menghemat ruang penyimpanan.

4. Kelengkapan (Completeness)
Agar data yang dikelola senantiasa lengkap baik relatif terhadap kebutuhan pemakai maupun terhadap waktu, dengan melakukan penambahan baris-baris data ataupun melakukan perubahan struktur pada basis data; yakni dengan menambahkan field pada tabel atau menambah tabel baru.

5. Keamanan (Security)
Agar data yang bersifat rahasia atau proses yang vital tidak jatuh ke orang / pengguna yang tidak berhak, yakni dengan penggunaan account (username dan password) serta menerapkan pembedaan hak akses setiap pengguna terhadap data yang bisa dibaca atau proses yang bisa dilakukan.

6. Kebersamaan (Sharability)
Agar data yang dikelola oleh sistem mendukung lingkungan multiuser (banyak pemakai), dengan menjaga / menghindari munculnya problem baru seperti inkonsistensi data (karena terjadi perubahan data yang dilakukan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan) atau kondisi deadlock (karena ada banyak pemakai yang saling menunggu untuk menggunakan data).

Jika kalian sedang menempuh materi Basis Data atau memerlukan Kumpulan Materi tentang Basis Data, disini saya akanberbagi sedikit materi yang saya punya. Adapun isi dari file yang akan saya berikan antara lain : 

Bab 1 - Pengertian Basis Data (Database)
Bab 2 - Sistem Basis Data
Bab 3 - Basis Data Relasional
Bab 4.1 - Normalisasi Data
Bab 4.2 - Normalisasi Data
Bab 5 - Model Data
Bab 6 - Model Data Lanjutan
Bab 7 - Implementasi Basis Data
Bab 8 - Server Database MySQL
Bab 9 Session 1 - Structured Query Language (SQL)
Bab 9 Session 2 - Structured Query Language (SQL)
Bab 9 Session 3 - Structured Query Language (SQL)

Berikut screenshotnya :

Kumpulan Materi Kuliah Basis Data (Database)
Kumpulan Materi Kuliah Basis Data (Database)
Link download sudah saya sediakan di bawah ini :

Download Kumpulan Materi Kuliah Basis Data (Database)

password : www.lintasinformatika.com

tag : Kumpulan Materi Kuliah Basis Data (Database) | Ebook Basis Data | Ebook DataBase | Kuliah Basis Data | Materi Basis Data

0 comments:

Komentar