Cara Mudah Mengelola Font dengan NexusFont


Lintas Informatika - Sebagian besar kita biasanya mempunyai banyak koleksi Fonts di windows dan biasa kita gunakan baik untuk design, membuat brosur, ebook, dokumen dan sebagainya. Tetapi terkadang kita kerepotan jika harus memilih font dari ratusan atau bahkan ribuan koleksi Fonts yang kita miliki. Untuk mengelola fonts windows lebih mudah, kini kita bisa menggunakan software Font Manager gratis (freeware) dan portable NexusFont.
Meskipun kita bisa saja langsung melihat tampilan Fonts di aplikasi seperti Microsoft Word, Corel Draw, Photoshop atau aplikasi lainnya, tetapi terkadang itu cukup labat dan kita tidak leluasa memilih font yang cocok dan akan kita pakai. Dengan NexusFont, hal ini akan lebih mudah diatasi, bahkan software gratis ini juga menyertakan berbagai fitur menarik berkaitan dengan Fonts.
Beberapa fitur dan keunggulan menggunakan NexusFont antara lain:
  • Antarmuka atau tampilan dan sederhana, sehingga kita bisa fokus untuk melihat tampilan fonts
  • Kita tidak harus menginstall font di windows, ketika NexusFont dijalankan, maka otomatis Font yang tampil bisa digunakan oleh program lain, sehingga tidak memperlambat komputer.
  • Bersifat Portable, tidak mengubah registry windows, sehingga kita bisa menggunakan tanpa harus menginstall, dan bisa kita jalankan langsung dari USB Flashdisk
  • Fitur untuk menginstall dan uninstall Font dengan Opsi tambahan
  • Mengelola koleksi font dengan membuat folder-folder yang bisa diakses dalam grup atau library
  • Bisa menambahkan tag atau kata kunci-kata kunci di font yang tampil
  • Mencari font yang sama atau duplikat, dan bisa menghapus salah satunya
  • Menampilkan Unicode Character Map, seperti huruf Katakana, Kanji, China, Arab, dan lainnya
  • Fitur atau menu untuk mencetak daftar tampilan font yang ada
  • Menyimpan tampilan font sebagai gambar (image)
  • Operasi file umum seperti copy, drag and drop
  • Multi language, tersedia tampilan dengan berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia
Jika kita terbiasa atau sering membuat dokumen, brosur, data atau program lain yang memerlukan pemilihan Fonts, maka software seperti NexusFont mungkin merupakan kebutuhan yang cukup penting. Apalagi menginstall banyak font di windows bukan merupakan pilihan yang baik. Semakin banyak font yang d install, maka kinerja komputer akan menjadi semakin lambat, sehingga kita harus pilih-pilih ketika menginstall font.
Selain menampilkan semua fonts yang sudah di install, kita juga bisa menampilkan fonts yang ada di folder tertentu. Caranya kita tinggal klik kanan salah satu folder (atau membuat folder dulu) kemudian pilih menu Add Folder, dan pilih lokasi dimana font-font tersebut berada.
NexusFont selain bersifat portable, dari segi ukuran juga relatif kecil, hanya sekitar 1.6 MB saja, setelah di buka atau di extract total file kurang dari 2 MB. Program ini bisa digunakan di Windows XP/Vista dan Windows 7
Download NexusFont ( 1.6 MB) atau lewat link Alternatif download NexusFont
sumber : http://susila-besmart.blogspot.com/2011/07/punya-banyak-koleksi-fonts-kelola.html

0 comments:

Komentar