Microsoft Kembalikan Tombol Start di Windows 8.1

Lintas Informatika - Salah satu hal yang paling banyak dikeluhkan di Windows 8 adalah tombol start yang tiba-tiba saja dihilangkan. Kini, tombol itu pun dikembalikan di Windows 8.1.

Pada gelaran konferensi Microsoft Build di San Francisco, Amerika Serikat, raksasa TI ini memaparkan banyak fitur yang dijanjikan bakal hadir di Windows 8.1.

Sekilas memang tak banyak yang berubah, Microsfoft masih keukeuh mempertahankan Modern UI (tampilan kotak-kotak) sebagai interface default Windows 8.1. Tapi katanya antarmuka ini akan dibuat semakin bersahabat dengan keyboard dan mouse.

Selain itu beberapa aplikasi juga mengalami peningkatan, sebut saja Xbox Live yang semakin memanjakan gamer, aplikasi kamera yang semakin cerdas, dan konstumisasi desktop atau lock screen yang semakin beragam.

Tapi perubahan paling signifikan yang akan dirasakan pengguna Windows 8.1 adalah ketersediaan tombol start di pojok kiri bawah layar.

"Banyak perubahan yang kami pada Windows 8.1, kini kami menghadirkan tombol start pada desktop," ujar Steve Ballmer, CEO Microsoft, di acara Microsoft Build, Kamis (27/6/2013).

Namun perlu diingat, fungsi tombol start di Windows 8.1 tampaknya akan berbeda dengan yang pernah ada di Windows 7 dan sebelumnya.

Saat diklik, pengguna akan dibawa ke tampilan awal, dan di sini Anda bisa bisa melihat daftar aplikasi atau bisa juga mencari nama aplikasi pada kotak pencarian.



Fungsi tombol start juga bisa diakses dengan klik kanan. Jika melakukan ini pengguna akan dapat melihat deretan fitur lain seperti, control panel, run, search, dan belasan fungsi lainnya.

Meski fungsinya tidak sama lagi dengan yang ada di Windows 7 dan sebelumnya, namun kehadiran tombol start ini bisa diharapkan memicu ketertarikan pengguna memakai Windows 8.1.

Saat ini Windows 8.1 Preview sudah bisa dicicipi melalui situs resmi Microsoft, namun raksasa software asal Amerika Serikat itu belum menyebutkan kapan versi final sistem operasi ini dilepas ke pasaran.

0 comments:

Komentar