Cara Memilih Modem yang Bagus

cara memilih modem yang baikLintas Informatika - Dulu banyak orang pergi ke Warnet untuk berinternet ria. Tapi sekarang saya rasa sudah banyak orang yang memakai modem untuk berinternet. Era modern sekarang modem dari provider-provider kartu seluler mulai banyak digunakan baik itu GSM ataupun CDMA. Pilihan paketnya pun beragam, Nah bagaimana Cara Memilih Modem yang Bagus ? Cara memilih model yang benar-benar paling bagus, itu harus hati-hati! Jangan sampai salah membeli, karena nanti kalian bisa-bisa menyesal. 

Maka dari itu, saya akan berikan sedikit tips  memilih modem yang bagus, silahkan disimak baik-baik

1. Tentukan tipe koneksi terbaik didaerah kalian(GSM / CDMA )
Bagaimana mengetahui cara tipe koneksi terbaik di tempat tinggal kalian?
Cara mudah nya adalah dengan meminjam modem atau HP rekan kalian yang berupa modem GSM 3G / HSDPA dan CDMA / EVDO. Atau kalau kalian sudah punya HP yang mendukung 3G dan HSDPA atau HP CDMA itu lebih sip karena tidak perlu meminjam. 

2. Tentukan provider internet yang akan dipakai
Bila informasi pada point 1 sudah kalian lakukan tentunya kini kalian sudah tahu harus menggunakan koneksi internet tipe apa dan menggunakan provider apa. Misalnya kalian mendapatkan hasil bahwa ternyata koneksi internet CDMA / EVDO lah yang terbaik di daerah tempat tinggal kalian dengan menggunakan provider dari Smart kayak saya yang lagi berdomisili di Singaraja. Maka segeralah cari  modem CDMA / EVDO. Pelajarilah paket - paket yang tersedia – yang pasca bayar atau pun pra bayar, beserta bandwidthnya.

3. Pilih modem yang bagus sesuai dengan tipe koneksi internet
Jika Provider sudah ditentukan dan mantap dalam hati, setelah itu pilihlah modem bagus yang sesuai dengan tipe komputer. Ada beberapa koneksi yang sekarang banyak digunakan di modem 3G seperti USB, PCMCIA card dan Express Cards

Tips memilih tipe modem adalah sebagai berikut:

• Jika memakai laptop, pilihlah yang sesuai dengan slot laptop kalian . dalam hal ini adalah PCMCIA atau Express
• Jika PC, yang paling cocok adalah menggunakan USB modem. Walaupun begitu, USB modem adalah hal yang paling flexible, selain bagus digunakan di PC namun juga untuk laptop. tapi harus kalian perhatikan slot USB harus ada yang tersisa jika dipakai untuk kegiatan lain seperti printer atau flashdisk.

4. Cari penjual modem terbaik
Tips nomor 4 ini juga tidak kalah pentingnya bagi saya agar kita tidak dirugikan masalah harga. Survei lah terlebih dahulu berapa harga modem yang ingin kita beli. Agar nantinya kita tidak ditipu masalah harga.

Nah sekian Cara Memilih Modem yang Bagus. Dengan memilih modem GSM dan CDMA yang bagus, maka segala kegiatan kita yang memerlukan  koneksi internet akan menjadi lebih nyaman dan mengasyikkan.

5 comments: