Perbedaan Antara Windows dengan Linux

Lintas Informatika - Ada tujuh poin yang dapat membedakan sistem operasi windows dengan linux. Apa itu? Berikut ulasannya

Windows dengan Linux - Lintas Informatika

Perbedaan Antara Windows dengan Linux


1. Graphical User Interface (GUI)
Windows memang sistem operasi yang sangat bagus dan lengkap, sementara Linux adalah Kernel bukan sistem operasi yang lengkap, yang dikembangkan dari basis UNIX. Linux awalnya tidak ada built-in antarmuka GUI, Secara komersial GUI X-Window seperti GNOME dan KDE merupakan pilihan, Tetapi Sekarang OS Linux seperti Fedora dan Ubuntu memberikan Fitur GUI Standar.

2. Biaya / Harga
Microsoft adalah Pemilik Lisensi dari Windows, sementara Linux berasal dari perusahaan yang berbeda seperti Red Hat, SuSe, Mandrake, Slackware dan banyak Lagi. Di Linux. Tidak hanya OS ini gratis, tetapi aplikasi perangkat lunak ini tersedia dengan bebas biaya. Linux dapat dimodifikasi oleh pengguna, Hal ini menegaskan jumlah bug yang sangat minim di dalam Linux,karena seseorang dapat mengubah kode dan memodifikasi program di Linux. Windows adalah aplikasi closed source, Sehingga jika ada bug pada software berbayar seperti Ms.Word, Ms Excel, anda harus menunggu update terbaru dari pihak windows.

3. Lisensi
Windows bisa diinstal pada komputer sesuai Lisensi yang anda beli, tetapi Linux dapat diinstal di komputer manapun tanpa perlu lisensi dan dengan 1 keping DVD Linux yang sama, bisa diinstall ke ratusan komputer.

4. Kemudahan Penggunaan
Jika anda menggunakan Linux, anda perlu mengetik perintah di command line, sedangkan di Windows anda memiliki tampilan GUI yang mudah dipahami oleh pengguna, Maka dengan kemudahan ini banyak pengguna yang lebih memilih Windows.

5. Masalah Keamanan dan Crash
Memang benar, Crash pada Linux jauh lebih rendah jika dibandingkan pada windows, Linux jauh lebih stabil dan dapat berjalan tanpa masalah selama bertahun-tahun. Sistem keamanan di Linux lebih baik dibanding windows, Karena banyak Virus yang menyerang Sistem Operasi Windows mulai dari spyware, malware hingga worm.

6. Games
Jika anda seorang gamers, maka Windows jauh lebih hebat dibanding Linux, karena dengan Windows anda bisa menikmati varian Games hingga games terbaru.

7. Hardware
Dari Segi hardware, Windows sangat membutuhkan minimum hardware agar sistem operasi berjalan dengan baik, seiring dengan perkembangan windows, maka semakin tinggi juga hardware yang dibutuhkan untuk instalasi Windows, sementara Linux bisa berjalan dengan baik meskipun spesifikasi hardware yang tidak terlalu tinggi.

sumber: http://cyberkomputer.com/

2 comments: