Khasiat Tanaman Lalang dan Cara Menggunakannya

Nama latinnya Imperata Cylindrica termasuk dalam genus Liliopsida dan spesies Cylindrica.

Lalang adalah sejenis rumput liar yang dapat hidup dimana-mana. Ia dikenali sebagai tanaman perusak yang sukar untuk dibasmi. Keberadaannya diantara tanaman produktif dapat menyebabkan gangguan, dan biasanya ia akan menjadi tanaman yang paling subur karena sifat akarnya yang melebar di dalam ranah.

Tapi sebenarnya, lalang memiliki banyak khasiat, dari mulai daun hingga ke akarnya. Berikut khasiatnya:

1. Lalang dapat digunakan untuk merapatkan peranakan bagi wanita yang habis melahirkan. Ambil akarnya, campur dengan kemenyan kemudian dibakar tapi jangan sampai hancur . Kemudian campurkan dengan air untuk ditempelkan pada peranakan. Lakukan berulang-ulang.

2. Untuk meredakan asma. Rebus lalang dalam air, kemudian air itu dicampur dengan madu untuk kemudian diminum.

3. Untuk melancarkan kencing. Keringkan akar lalang untuk kemudian direbus. Dapat dicampur dengan daun meniran untuk lebih manjur.

4. Mengobati demam. Keringkan akar lalang, rebus dan airnya diminum satu sendok makan untuk setiap pengobatan. Beberapa akar lalang direbus ke dalam air dengan takaran 4 gelas sampai airnya tinggal setengah. Campurkan dengan gula batu atau madu, diminum 3 kali sehari.

5. Obat ngiilu tulang, urat dan otot. Bakar daun lalang hingga menjadi abu, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

6. Mengurangi darah tinggi. Air rebusan lalang diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan malam.

7. Akar lalang sebenarnya mengandung gula yang mampu mengobati penyakit kencing nanah, spilis, dan ginjal. Dengan cara meminum air rebusannya secara berkala dan terus menerus 2 kali sehari, pagi dan malam.

8. Menyembuhkan luka. Tumbuk akar lalang hingga hancur, dan tempelkan pada luka.

9. Akar lalang juga dapat digunakan untuk menyegarkan badan. Campurkan akar lalang yang telah direbus dengan air mandi anda.

0 comments:

Komentar