Cara Mudah Print Screen Menggunakan Light Shot

Lintas Informatika - Oke sobat, kesempatan kali ini saya akan  berbagi trik tentang screenshot atau capture tampilan layar. Pada dasarnya screenshot dapat dilakukan dengan mudah sekali, yaitu hanya dengan menekan tombol “Print Screen”, tampilan dilayar monitor pun langsung terekam di memori, dan teman” bisa Paste sekaligus mengeditnya di aplikasi Paint, aplikasi bawaan Windows. Namun pertanyaannya, bagaimana jika yang akan kita ambil hanya bagian tertentu saja?
 
Untuk dapat menghasilkan gambar hasil tangkapan dilayar sesuai dengan yang kita harapkan, atau bagian tertentu saja, ada 2 cara yang bisa kita lakukan, yaitu: pertama, kita bisa menggunakan cara diatas, tekan tombol “Print Screen”, kemudian Paste di Paint dan kemudian meng-edit gambar untuk mengdapatkan gambar yang kita inginkan saja. Namun cara ini sedikit memakan waktu. kedua, kita bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk capture tampilan layar. Dan untuk cara yang kedua ini, saya coba menggunakan aplikasi “Lightshot”.

Ada banyak aplikasi tambahan untuk capture gambar di screen, tapi saya lebih menyukai aplikasi Lighshot karena caranya yang sangat simple dan mudah. Apabila kita sudah menginstall aplikasi Lightshot ini pada komputer kita, maka tombol “Print Screen” akan berpindah fungsi menjadi tombol untuk menjalankan Lightshot. Artinya, apabila kita tekan tombol “Print Screen”, maka aplikasi Lightshot yang akan dijalankan, bukan lagi printscreen default sistem operasi.

Ya! cara penggunaan Lightshot, cukup tekan tombol “Print Screen”, kemudian drag mouse sesuai dengan wilayah yang akan kita capture, kemudian Save file dalam JPG atau PNG. Selain itu kita juga bisa mengedit hasil tangkapan secara online, meng-upload, print secara langsung, copy, bahkan bisa langsung di-sharing lewat jejaring sosial Facebook, Twitter atau Email. Silahkan download aplikasinya pada link yang saya sediakan di bawah ini

Download Light Shot

referensi : http://www.sitesjournal.com

0 comments:

Komentar