Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown di Windows 8

Lintas Informatika - Beberapa hari yang lalu saya mengalami pemasalahan pada laptop saya dengan OS Windows 8  dimana fitur shutdown tidak bisa dilakukan. Shutdown dan Restart tetap tidak bisa padahal sudah menekan tombol shutdown dan saya gunakan cara lain yaitu masuk lewat CMD, alhasil tetap tidak bisa shutdown. Setelah googling sekian lamanya saya menemukan tips yang sama sama semuanya, alhasil tetep saja tidak bisa shutdown, hadeh... Namun, sekian harinya lagi saya menemukan di Microsoft Community, ada pengguna lainnya yang memiliki masalah yang sama, dan jawabannya. Nah disini aan saya share bagaimana sih caranya Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown di Windows 8. Ada 2 cara yang akan saya jelaskan, Cara pertama dimana gagal pada Laptop saya (barangkali mau di Laptop sobat :D ) dan cara kedua yang work di Laptop saya. Oke simak baik baik penjelasan saya berikut ini :

Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown di Windows 8


Cara Pertama

1. Sobat Masuk ke tampilan dekstop
2. Kemudian kalian masuk ke control panel, gunakan saja Shortcut (Windows + X) 

Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown di Windows 8
Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown di Windows 8
3. Setelah itu pilih menu "Power Option"
4. Lalu pilih menu "Choose what the power buttons do".

Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown di Windows 8
Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown di Windows 8
5. Kemudian pastikan bahwa pada saat Tombol Shutdown di tekan baik pada saat "On Battering" ataupun pada saat "Plugged in" aksi yang dilakukan adalah "Shutdown". Jika tidak seperti itu maka ubah dan jadikan "Shutdown" atau samakan dengan gambar di bawah ini.

6. Setelah itu klik "Change settings that are currently unavailable", lalu scroll ke bawah dan hilangkan ceklis pada opsi "Turn on fast start-up (recomended)".
7. Setelah itu klik . Save Changes" dan coba shutdown komputer tersebut.

Cara Kedua
  1. Tekan Win+R untuk memunculkan kotak dialog Run.
  2. Ketik "regedit" di kotak Open lalu tekan tombol OK. Ini akan memunculkanRegistry Editor.
  3. Buka: HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SessionManager.
  4. Setelah terbuka, di panel sebelah kanan, lihat entri "BootExecute". Double-click pada entri tersebut.
  5. Hapus semua isi pada kotak "Value data", sisakan "autocheck autochk *", lalu tekan OK.
  6. Restart komputer (jangan Shutdown).
  7. Setelah berhasil Restart, barulah coba tombol Shutdown.
Nah itulah dua cara yang bisa kalian lakuka jika Laptop / PC kalian tidak mau mati dengan menggunakan OS 8.

0 comments:

Komentar