Tips Membuat Daftar File Teks di Dalam Folder

Lintas Informatika - Jika kalian punya sebuah folder yang di dalamnya terdapat banyak file dan ingin membuat list semua file tersebut dalam 1 file teks, ada cara yang sangat gampang untuk diterapkan. Jadi dengan memakai tips yang saya berikan sekarang, kalian tidak usah repot repot copy paste file tersebut satu persatu. Tools yang akan kita gunakan adalah CMD ( COmmand Prompt)

Berikut Caranya :
1. Buka Command Promt dengan cara klik [Start] [Accessories][Command Prompt] hingga muncul jendela Command Prompt atau bisa tekan tombol Windows + R

2. Kemudian masuk ke folder yang ingin dibuat daftar isinya. Disini saya memberi contoh folder yang bernama filtering yang berada di drive “E:\”. Kemudian ketik “E:” (tanpa tanda kutip), lalu tekan ENTER. Setelah itu ketik “cd filtering” (tanpa tanda kutip), lalu tekan ENTER .
 
3. Masukan perintah dir *.* /S/B > daftarisi.txt (perintah ini bertujuan untuk menampilkan semua file yang ada di dalam folder yang kita pilih termasuk subfoldernya).
 
4. Anda juga dapat memasukan perintah sebagai berikut dir *.doc /S/B > daftarisi.txt (Perintah ini bertujuan menampilkan semua file word (.doc) yang ada di dalam folder yang kita pilih termasuk subfoldernya).
 
 
5. Selesai

0 comments:

Komentar