Tips Cara Menghemat Baterai Android

Lintas Informatika - Tips Cara Menghemat Baterai Android - Apa kabar sobat lintasinformatika ? Apakah ada di antara yang uda make smartphone ? Bila kita berbicara mengenai mengenai smartphone tentunya tidak lepas dari banyaknya fitur dan aplikasi-aplikasi menarik di dalamnya. Hal itu juga yang menyebabkan baterai gadget anda cepat habis, bahkan dalam waktu satu hari anda bisa melakukan cas sebanyak 2-3 kali. Apakah itu terjadi pada anda ?

Memang masalah bagi kita pengguna smartphone khususnya android adalah pada bagian baterai yang cepat habis. Seperti yang saya bilang di atas, hal tersebut bukan karena kesalahan baterainya tapi melainkan karena terlalu banyaknya fungsi-fungsi serta aplikasi pendukung yang terdapat di dalamnya.
Tips Cara Menghemat Baterai Android


Oleh karena itu, saya ingin coba membagikan beberapa tips guna menghemat baterai smartphone android anda. Mulai dari setting sederhana dan juga menggunakan aplikasi, dan saya yakin cara ini bisa berguna untuk anda. Oke, mari kita lihat !

Tips Cara Menghemat Baterai Android

1. Setting Kecerahan Layar 

Tips Cara Menghemat Baterai Android
Saya berpendapat bahwa display/tampilan layar merupakan bagian yang membutukan daya besar dan memboroskan baterai. Karena sebab itu, hal ini yang perlu kita benahi di awal. Anda bisa mengurangi kecerahan layar anda hinggal tingkat tertentu. Silahkan ke bagian SETTING, DISPLAY, lalu pilih BRIGHTNESS (Kurangi kecerahannya hingga tingkat tertentu)


2. Non-Aktifkan Perangkat-Perangkat yang Tidak Digunakan

Tips Cara Menghemat Baterai Android
Seringkali kita lupa akan hal ini, perangkat-perangkat seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS terkadang lupa kita non aktifkan setelah selesai penggunaanya. Padahal untuk membiarkan perangkat tersebut tetap menyala, itu semua menggunakan daya baterai. Jadi sungguh sayang rasanya jika membiarkan energi baterai terbuang percuma untuk itu. 

Selain itu, anda juga bisa mengnon-aktifkan sinyal Data/Network ketika sedang tidak digunakan untuk waktu yang cukup lama. Terbukti, hal ini bisa menghemat baterai anda walaupun sedikit.

3. Jangan Gunakan Background Animasi

Tips Cara Menghemat Baterai Android

Background yang sifatnya dinamis seperti animasi bergerak dapat memboroskan penggunaan baterai anda. Terkadang untuk ponsel dengan spesifikasi rendah, background animasi tersebut membuat kinerja ponsel semakin lambat.

4. Gunakan Warna Background Hitam

Tips Cara Menghemat Baterai Android

Sebenarnya saya juga kurang yakin mengenai hal ini. Tapi menurut beberapa teman dan sumber lain memang dengan menggunakan background berwarna hitam bisa sedikit menghemat penggunaan daya. Seperti yang saya bilang tadi, bahwa display layar merupakan komponen yang membutuhkan daya yang besar. Warna hitam sendiri membutuhkan penggunaan daya yang sedikit jika dibandingkan dengan warna cerah.

5. Instal Aplikasi Baterai Saver

Tips Cara Menghemat Baterai Android

Dari ketiga cara di atas, cara inilah yang paling terasa manfaatnya. Anda bisa menginstal aplikasi baterai saver gratis yang banyak disediakan di Play Store. Dengan aplikasi ini kita bisa menghemat penggunaan baterai sampai dengan 20% per harinya dan saya sendiri sudah merasakannya. Untuk gambar di atas saya menggunakan aplikasi DU Baterai Saver.

Dengan tips di atas saya harap anda bisa menghemat baterai Android anda, walaupun sekarang sudah ada power bank yang bisa anda gunakan untuk melakukan charge baterai secara portable. Tapi harga power bank sendiri pun terbilang masih cukup mahal.

0 comments:

Komentar