Review Acer Iconia W510: Tablet Multifungsi dengan Daya Tahan Baterai Tinggi

Lintas Informatika - Selamat malam, postingan kali ini saya akan membagikan review Acer Iconia W510 yang di ulas dengan lengkap oleh Jagat Review.



Pengalaman penggunaan komputer pada akhir tahun lalu berubah dengan diluncurkannya Microsoft Windows 8. Tampilan Modern UI yang di usung oleh Windows 8 sangat menyenangkan sekali untuk digunakan pada perangkat yang menggunakan layar sentuh, mengingat Microsoft memang menciptakan tampilan tersebut untuk mendapatkan pengalaman sebuah komputer atau notebook seperti menggunakan sebuah tablet.
Beberapa vendor notebook langsung berpikir untuk menciptakan berbagai perangkat mobile yang nyaman digunakan dengan tampilan Modern UI ini. Acer pada akhir tahun lalu mulai memperkenalkan sebuah perangkat tablet yang di lengkapi dengan keyboard sehingga Anda dapat menggunakan perangkat ini layaknya sebuah tablet. Acer Iconia W510 akan membawa Anda kepada cara penggunaan perangkat yang sangat berbeda dari sebelumnya.

Acer Iconia W510 dilebur dengan  warna silver dan putih yang membuat tablet ini terlihat menawan. Bezel berwarna hitam pada bagian pinggir layar membantu Anda menikmati keindahan tampilan, terutama saat tablet ini di gunakan untuk menonton video. Sementara itu, penggunaan desain engsel putih dengan tekstur membuatnya tampil tablet ini menawan. Secara keseluruhan, desain dari tablet ini sangat terasa solid dan sangat menawan. Satu hal yang harus Anda ingat adalah, Acer Iconia W510 dijual tidak dengan keyboardnya, tetapi keyboard tersebut dijual secara terpisah sebagai optional tambahan.
Acer Iconia W510 yang diperkenalkan oleh Acer adalah sebuah tablet, bukan notebook, seperti yang Anda lihat, penamaan Iconia membuat perangkat ini masuk dalam kelas tablet. Tetapi pada gambar yang Anda lihat di atas, perangkat tersebt akan terlihat sebagaimana sebuah notebook. Namun, Anda dapat melepas bagian layar dengan keyboardnya sehingga Anda dapat menggunakan menjadi sebuah tablet. Sebelum kita melihat lebih jauh, ada baiknya Anda melihat spesifikasi yang diusung oleh tablet ini.
Spesifikasi
ProcessorIntel Atom Z2760
Speed 1.8GHz Cache 1MB
MemoriDDR3 2GB
StorageSSD 64GB
Graphicsintel GMA
Layar10.1″ 1366×768
Interkoneksiwifi 802.11bgn dan bluetooth V4.0
USB 2.01
Mini USB 2.01
Micro HDMI1
Audio In/out1
WebcamDepan: 2.1MP, Belakang: 8MP
Card reader1
Operation SystemMicrosoft Windows 8
Daya Baterai3650 mAh
Ukuran (mm)259x167x76.2
Berat (kg)0.589
Berat+Charger (kg)0.617

Yak, anda tidak salah liat bahwa perangkat tablet Acer Iconia W510 ini menggunakan prosesor Intel Atom Z2760 yang mempunyai dua inti prosesor dengan hyper threading terbaru yang memang diperuntukkan untuk perangkat seperti tablet dan smartphone. Untuk memory, Acer Iconia W510 dilengkapi dengan memory DDR3 sebesar 2GB dan dilengkapi dengan penyimpanan data berjenis SSD sebesar 64GB, memang tidak terlalu besar tetapi Anda dapat memperbesar kapasitas penyimpanan data dengan menggunakan MicroSD pada slot yang telah disediakan. Penggunaan Microsoft Windows 8 membuat Anda dapat menggunakan Acer Iconia W510 sebagaimana layaknya tablet berkat adanya tampilan modern UI pada Windows 8.
Acer Iconia W510 mempunyai dua kamera, yang pertama terletak di bagian depan dengan ukuran 2.1MP yang cukup dapat diandalkan untuk video conference dan kamera satu lagi terletak di belakang dengan ukuran 8MP yang menurut kami dapat mengambil gambar dengan baik mengingat kamera yang dibeirkan mempunyai megapixel yang besar. Kedua kamera ini bisa merekam video hingga resolusi FullHD (1080p). Selain itu pada bagian belakang juga dilengkapi dengan LED flash untuk pengambilan gambar di tempat yang minim cahaya.

Acer Iconia W510  adalah sebuah tablet, layar menjadi komponen yang sangat penting. Layar 10,1″ pada tablet ini menggunakan panel layar IPS yang mampu menampilkan warna yang cemerlang.. Anda tidak akan menemukan perbedaan yang signifikan saat melihat layar ini dari beragam sudut pandang. Anda bahkan dapat menonton video pada ICONIA W510 dengan sudut kemiringan lebih dari 45 derajat dan tetap merasa nyaman. Layar 10,1″  ini mempunyai resolusi 1366×768 pixel yang biasa ditemukan pada notebook saat ini. Acer telah melengkapi layar Iconia W510 dengan Gorilla Glass yang terkenal tahan terhadap goresan yang biasanya ditemukan pada tablet kelas atas.


Kelengkapan

Acer Iconia W510 dilengkapi dengan beberapa port yang ditanam pada bagian kiri tablet ini. Pada bgian kiri, Anda akan menemukan port microUSB yang dapat Anda gunakan untuk menyambungkan storage external atau flashdisk dengan menggunakan sebuah adaptor untuk mendapatkan port USB standart yang biasa Anda temukan pada notebook biasa. Selain itu, mini HDMI juga tersedia di Acer Iconia W510 sehingga Anda dapat menyambungkannya ke layar LCD atau LCD TV berukuran besar untuk mendapatkan monitor tambahan atau dapat Anda gunakan untuk menonton film dengan resolusi full HD1080P. Anda juga akan menemukan slot microSD, sehingga Anda dapat memperbesar kapasitas penyimpanan data dengan menggunakan card MicroSD.



Optional keyboard yang dijual terpisah ini bukan saja sebuah keyboard tetapi juga merupakan sebuah docing yang dilengkapi dengan baterai dibawah tuts keyboardnya. Anda juga dapat melakukan pengisian baterai melalui docking ini, yang harus Anda lakukan adalah menaruh tablet Acer Iconia W510 di sini dan secara otomatis baterai pada tablet langsung terisi dan bila baterai pada tablet telah penuh, langsung akan mengisi baterai pada docking secara otomatis. Pada docking keyboard juga terdapat port USB 2.0 pada sisi kanannya. Tuts pada keyboard ini memiliki warna putih.
Ukuran tuts keyboard ini cukup baik untuk digunakan mengetik dengan nyaman. Sementara itu, touchpad berukuran standar juga tersedia pada docking ini sehingga Anda dapat tetap melakukan gerakan multi touch. Dengan adanya baterai tambahan di dalam keyboard ini, selain tablet memperoleh pasokan daya ekstra, keseimbang antara bobot tablet dan keyboard pun terasa lebih nyaman. Sebagai catatan, saat penggunaan tablet ini dengan keyboard dock, daya baterai pada keyboard akan dikonsumsi lebih dahulu.

Setidaknya ada tiga cara penggunaan Acer Iconia W510:
  • Tablet mode:  Tanpa menggunakan docking, Anda bisa menggunakannya sebagaimana layaknya sebuah tablet. Ukuran layar 10.1” yang digunakannya membuat ICONIA W510 tampil tidak terlampau besar dan serupa dengan ukuran tablet terbesar yang umum beredar di pasaran. Hal ini membuatnya mudah untuk dioperasikan.


  • Productivity mode: Posisi normal saat menggunakan keyboard docking membuat ICONIA W510 berpenampilan sebagaimana layaknya sebuah laptop. Anda bisa mengetik tulisan panjang dengan tuts keyboard-nya yang cukup besar dan nyaman.

  • Presentation mode: Saat menggunakan keyboard docking, Anda bisa mendorong layar hingga posisinya membalik 295 derajat dan meletakkannya di atas meja dengan tuts keyboard menghadap ke meja. Ini adalah posisi ideal saat ingin browsing berlama-lama di atas meja cafĂ© langganan Anda.



Kinerja

PCMark 7



Cinebench 11.5


Hasil yang didapat pada benchmark menggunakan PCMark 7 dan Cinebench 11.5 memang tidaklah tinggi, tetapi sesuai dengan peruntukan sebuah perangkat mobile yang menggunakan prosesor Atom. Penggunaan prosesor tersebut membuat tablet ini dapat digunakan untuk pekerjaan ringan seperti mengetik, mengedit tabel dan merancang presentasi standar dengan cukup lancar. Acer Iconia W510 cukup dapat menjalankan konten multimedia dengan lancar seperti memutar film dengan resolusi HD1080P.

Baterai Life Rating

Movie 720 WMV dan Movie 1080 MOV: Kami menyimulasikan untuk mendapatkan nilai daya tahan baterai bila sebuah notebook digunakan untuk menonton film dalam berbagai resolusi dan hasil yang kami dapatkan menggunakan aplikasi log time.

Cukup mengesankan menurut kami, bagaimana tidak, Acer Iconia W510 dapat beratahan hidup selama 982 menit atau setara dengan 16 jam lebih ketika digunakan untuk menonton film HD720. Acer sendiri mengclaim bahwa  Acer Iconia W510 dapat hidup selama 18 jam Untuk penggunaan ringan seperti mengetik, mengedit tabel dan merancang presentasi standar.

Transcoding


Walaupun menggunakan prosesor Intel Atom, tetapi Anda masih dapat melakukan prosesor Transcoding dengan cukup cepat dibandingkan dengan prosesor Atom seri terdahulunya.


Kinerja Intel GMA




Kinerja yang di tawarkan graphics Intel GMA memang tidaklah terlalu tinggi, tetapi Anda masih dapat menjalankan Film HD1080P,  bahkan kami bisa memutar video Full HD tersebut langsung dari dalam harddisk eksternal melalui konektivitas USB dan bermain game casual pada tablet Acer ini.

Kesimpulan

Anda dapat menggunakan Acer Iconia W510 dengan berbagai cara penggunaan sesuai dengan keadaan sehingga bisa dikatakan perangkat ini adalah tablet multifungsi. Dalam keadaan santai, Anda dapat menggunakan tablet ini tanpa docking sehingga terasa lebih ringan dan santai ketika melakukan browsing, menonton film, mendengarkan musik dan lain sebagainya. Ketika Anda harus berkerja, Anda tinggal memasang tablet ini pada dockingnya dan Anda dapat menggunakan keyboard untuk menyelesaikan pekerjaan yang sedang memburu Anda.
Daya tahan baterai yang dijanjikan juga cukup menggiurkan dan akan bertambah tinggi lagi bila Anda pasang pada docking keyboard yang dilengkapi dengan baterai. Layar dengan resolusi tinggi dan dilengkapi dengan panel IPS membuat layar terlihat menawan dengan warna yang terlihat seperti aslinya. Anda tidak perlu takut layar tergores karena sudah dilengkapi dengan gorilla glass. Dimensi dan beratnya juga cukup ringan sehingga Anda tidak akan terbebani ketika harus membawanya di dalam tas Anda. Selain itu, Acer Iconia W510 juga merupakan perangkat hiburan yang mumpuni untuk menghibur Anda.

Kelebihan

  • Tablet dengan optional docking keyboard
  • Layar resolusi tinggi dengan panel IPS
  • Daya tahan baterai tinggi
  • kamera belakang 8MP
  • casing solid
  • Gorilla Glass
sumber : jagatreview.com

2 comments:

  1. Mantap nih, tapi harganya juga mantap heheh ..
    semoga menang ya sob kontesnya ...

    salam blogger

    ReplyDelete