Mengatasi error The Modem (or other connecting device is already in use or is not configured properly) pada Modem Smartfren

Lintas Informatika - Selamat pagi sobat, Kali ini saya mau berbagi pengalaman masalah Modem Smartfren EC176-2 UI yang tidak mau connect setelah menggunakan Windows 8. Ini adalah permasalahan teman saya yang baru saja saya pasang Windows 8 di laptopnya. Kemarinnya saat masih menggunakan windows 7, modemnya normal normal saja. Tapi beberapa hari semenjak menggunakan Windows 8 modem, keluar pesan error yaitu "The Modem (or other connecting device is already in use or is not configured properly." Padahal sudah saya uninstall ni modem, trus install ulang tetep gak mau connect :( . Punya dah kerjaan baru. Fiuff...


Saya cari di Google dan akhirnya nyantol di web yang berbahasa inggris. Masalahnya adalah Port yang digunakan oleh Smartfren dan VPN bawaan Windows yang bertumbukan. Bertumbukan? Maksudnya VPN bawaan Windows dan Smartfren menggunakan Port yang Sama, akhirnya salah satu di-Kill.


Cara mengatasinya lakukan cara berikut:

1. Buka regedit.exe (Registry Editor)
2. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters
3. Klik Edit > New > Multi-String Value.
4. Ganti nama dengan ReservedPorts.
5. Double Klik pada ReservedPorts tadi, masukkan Value Data dengan angka 1723-1723.
6. Restart PC.

Catatan: Lakukan dengan hati-hati. Di sini kita mengubah Port yang bisa digunakan oleh VPN bawaan Windows agar menggunakan Port 1723 saja. Semoga bermanfaat.

Buat kalian yang masih bingung, nih saya kasi Screen Capturenya..




Gimana kalo masih GAGAL? Berikut buat agan yang masih belum berhasil.
Ikuti langkahnya dengan runtut ya,
1. Uninstall Driver Modem Smartfren kamu.
2. Hapus registry yang barusan dibuat yaitu ReservedPorts.
3. Restart PC kamu.
4. Install lagi Driver Modem Smartfren.
5. Masukkan lagi registry ReservedPorts tadi.
6. Banyak berdoa :)

Ada cara lain lagi yang saya praktekkan sendiri yaitu dengan  menggunakan software Your Unistaller, kalian bisa download disini --> Download Your Unistaller .
Jadi dengan menggunakn aplikasi ini, unistall modem kalian akan sangat complete sampai ke registry nya. Setelah di unistall modemnya dengan aplikasi ini., restart PC kalian dan instal ulang driver modem Smartfren kalian. Saran saya pakai tips yang kedua saja biar cepat. Semoga bisa membantu :)

10 comments:

  1. Gagal, Sob...
    Baik cara pertama ataupun kedua tetep gagal. Kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan registry modem teruninstall semua sob, makanya ane saranin make Your Uninstaller, uda bener gak ni make Your Uninstaller nya ?

      Delete
  2. kok error gan, Data of type REG_MULTI_SZ cannot contain empty strings. Registry Editor will remove all empty strings found.
    gimana tuh? mohon bantuanya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu gapapa sob, ga ada tindakan yang perlu dilakukan, itu artinya registri akan menghapus jika ditemukan string yang kosong, otomatis diperbaiki..,bukan sebuah error yg berarti.

      kalo mau cepat, pake cara yang kedua aja, pake Your Unistaller., rata2 berhasil

      Delete
  3. Ga bisa gan , tapi pas gue coba di komputer yang windows xp bisa, tapi di laptop gue yang windows 8 kaga bisa , mana gue abis isi paket unlimited seminggu -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kedua cara uda di coba gan ? kalo ga bisa, ane kurang tau, hehe

      Delete
  4. Ga bisa gan , tapi pas gue coba di komputer yang windows xp bisa, tapi di laptop gue yang windows 8 kaga bisa , mana gue abis isi paket unlimited seminggu -.-

    ReplyDelete
  5. Saya bisa ... di win 8 pake cara 1... thanks gan sangat dan benar benar bermanfaat(maaf pake anonim soalnya di hp di laptop gak bisa internetan makasih sekaeang udah bisa)

    ReplyDelete
  6. Ok, berhasil gan dengan cara pertama dengan sekali coba!!
    Nice Tips! :D

    ReplyDelete
  7. Gak bisa, untuk mode RAS(modem)
    Kalau untuk NDIS sih gak masalah, soale ada software yg mintanya baca macc address bawaan laptop, jadi klo mode NDIS akan terbaca macc modem, kalau RAS akan membaca macc laptop.
    Ada yg punya solusi (selain merubah macc address)

    ReplyDelete