Tips Membeli Handphone Android

Be Smart - Tips memilih handphone Android, berbicara mengenai teknologi terbaru, rasanya memang tidak ada habisnya, dulu handphone yang berfungsi hanya untuk telepon dan sms, sekarang sudah berkembang pesat dengan adanya sistem mutitasking, kita sudah bisa sms, chating, dengerin lagu, browsing internet dengan sekaligus.

Tak dipungkiri lagi, untuk saat ini handphone yang paling banyak di cari adalah Android, karena dengan harga yang relatif murah kita sudah mendapatkan fitur yang berlimpah. Dengan adanya system operasi Android produsen-produsen handphone pun banyak yang mengeluarkan produk barunya , seperti halnya; Sony Ericsson, Samsung, Huawei, Panasonic dan masih banyak lagi. Dengan begitu, tentunya Anda akan kebingungan ketika ingin membeli handphone Android. Untuk itu saya akan berbagi informasi mengenai handphone Android, baik software maupun hardware. Dengan begitu Anda bisa memilih dan memilah handphone Android mana yang akan Anda beli.

Memilih Handphone Android Dari Segi Hardware
Hardware pada system Android sangatlah penting untuk kinerja multytasking, jadi Anda harus bisa memahami dan membandingkannya jika ingin memilih salah satu type handphone Android yang disajikan oleh produsen, untuk itu yang perlu Anda ketahui adalah:

1. Kecepatan Processor Handphone Android
Processor merupakan inti dari ponsel, semakin tinggi kecepatannya maka semakin baik pula respon untuk menjalankan perintah, pada handphone Android kelas low end umumnya memilliki kecepatan 600++ MHz, pada kelas mid end atau menengah umumnya berkecepatan 800++ MHz, dan untuk high end umumnya berkecepatan 1GHz ke atas. Jadi sebelum membeli tentukan dulu kecepatan processor yang ingin Anda pilih, yang tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. RAM (Random Access Memory)
RAM ini berfungsi untuk menghendel aplikasi yang sedang berjalan bersamaan (multitasking), pada umumnya kapasitas RAM yang digunakan berukuran 128 Mb, 256 Mb, 521 Mb, hingga 1Gb. untuk itu jika Anda ingin menginstal aplikasi yang perlu anda perthatikan adalah kapasitas RAM nya. jika RAM tidak mampu maka handphone akan terasa lambat, panas, dan bahkan akan mengalami hang.

3. GPU (Graphic Processing Unit)
GPU adalah perangkat hardware yang berfungsi untuk mengelolah gambar atau grafik, jadi tampilan visual atau game 3D akan jauh lebih baik dibanding handphone yang tidak memiliki GPU. untuk handphone kelas low end dan mid end kebanyakan menggunakan type Adreno 200 atau PowerVR SGX 530 dan untuk kelas high end menggunakan GPU GPU Adreno 205, PowerVR SGX 540 atau NVIDIA GeForce (NVIDIA Tegra), jadi jika ingin membeli handphone Android disarankan sudan memiliki GPU minimal Adreno 200 atau PowerVR SGX530

4. Kapasitas Baterai
Karena handphone Android selalu berhubungan dengan internet, jangan heran jika sangat boros tentang penggunaan baterai, jadi sebelum membeli lihat dulu spesifikasi khususnya baterai, untuk kapasitas baterai standarnya adalah 1200 mAh.

5. GPS
Lihat apakah handphone yang akan Anda beli sudah terdapat fasilitas GPS, karena sangat penting untuk Anda yang senang bepergiaan, petunjuk arah ini akan selalu mendampingi Anda kemanapun anda mau pergi dengan syarat selalu terkoneksi dengan internet.

6. Kamera
Untuk mengetahui spesifikasi kamera rasanya tidak perlu saya bahas lagi, karena kebanyakan pengguna handphone sudah mengerti dan tahu, yang perlu saya informasikan; apakah handphone yang hendak Anda beli memiliki dua sisi kamera, itu artinya memiliki dua lensa kamera bagian depan dan belakang, jadi akan mempermudah Anda untuk video call dengan keluarga, teman, atau pacar Anda.

Memilih Handphone Android Dari Segi Software
Selain hardware dalam sebuah handphone memang selalu berkaitan erat dengan perangkat lunak (software) untuk menunjang atau memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia dalam sebuah handphone tersebut. Untuk itu memahami software perlu Anda ketahui.

1. Operating System
Perlu Anda ketahui bahwa Operating System Android pada setiap handphone bermacam-macam, contohnya seperti Versi 1.5 Cupcake, 1.6 Donut, 2.1 Eclair, 2.2 Froyo (frozen yogurt), 2.3 Gingerbread, lalu ada juga versi 3.0 Honeycomb yang lebih dioptimalkan pada Table, Untuk sekarang ini tepatnya tanggal 16 December 2011, saat saya posting artikel ini, Android terbaru adalah 2.3 Gingerbread. Pada intinya semakin tinggi versinya maka akan semakin lengkap juga fitur dan aplikasinya dan kalaupun handphone yang akan Anda beli masih menggunakan system operasi 2.2 Froyo, juga bisa di upgrade (di root, bahasa linuxnya) menjadi 2.3 Gingerbread, namun Anda juga harus lihat dulu kemampuan hardwarenya.

2.Android GSM dan OHD
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) jadi mendapat fasilitas penuh menggunakan market Android dan kedua adalah yang benar benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD), jadi tidak dapat menikmati fasilitas Market Android.

Terlepas dari hardware maupun software, yang paling penting adalah garansi resmi handphone tersebut, percuma rasanya jika memiliki hardware maupun software yang mempunya spesifiki yang bagus kalau tidak mempunyai garansi resmi dari produsen handphone tersebut.

Jadi kesimpulannya, sebelum membeli atau memilih handphone Android bandingkan harga dan spesifikasi pada setiap merk dan type handphone Android dan sebelum anda membeli handphone android andapun juga harus tau kelebihan dan kekurangannya, seperti pada artikel yang sudah saya bahas sebelumnya di Kelebihan dan Kekurangan Handphone Android.

Selamat memilih handphone Android yang ingin Anda beli, semoga artikel ini bisa membantu, sekian dan terima kasih sudah berkunjung.sumber

0 comments:

Komentar