Cara Belajar yang Efektif

Be Smart - Waktu merupakan modal yang sangat berharga bagi siapa saja. Saking pentingnya waktu, banyak sekali kata-kata motivasi mengenai waktu. Misalnya, “Gunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamumu.”
Prinsip waktu bagi masing-masing golongan tentu berbeda. Jika bagi pedagang “waktu adalah uang”, maka bagi pelajar “waktu adalah ilmu”. Jadi, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk belajar.
Ada beberapa tips untuk mengelola waktu belajar dengan baik, silahkan disimak!

1. Rencanakan waktu belajar efektif ketika di dalam kelas
Saat pelajaran berlangsung, berusahalah untuk berkonsentrasi penuh agar setelah keluar kelas tidak akan menghabiskan waktu untuk pelajaran tadi. Konsentasilah saat pelajaran dan ketika jam istirahat jangan memikirkan pelajaran tadi. Jam istirahat adalah waktu untuk menghilangkan kejenuhan saat belajar di sekolah. Jadi, gunakan waktu ini sebaik-baiknya.


2. Hindari belajar dengan SKS
Belajar dengan SKS (sistem kebut semalam) dapat menimbulkan kejenuhan berpikir secara cepat. Biasanya SKS dilakukan saat akan menghadapi ujian. Jadi, belajarlah dari sekarang sekalipun ujian masih jauh.


3. Gunakan waktu tunggu secara produktif
Ketika guru tidak masuk, jangan buang-buang waktu ke kantin. Pergunakanlah untuk membaca atau berdiskusi (bukan ngerumpi) untuk memecahkan soal-soal yang dianggap sulit.


4. Selesaikan pekerjaan rumah dengan segera
Jika Anda mempunyai pekerjaan rumah, selesaikan dengan segera. Misal, PR diberikan hari ini tetapi dikumpulkan minggu depan. Jangan menunda sampai H-1. Selesaikan hari ini juga agar tidak menambah beban di kemudian hari yang siapa tahu ada PR untuk mapel yang lain. PR diberikan untuk dikerjakan, bukan sekedar pengisi buku catatan yang kosong.

5. Pelajari dulu yang penting
Dalam memahami sebuah pelajaran, pelajari dulu intinya sebelum memahami penjelasan yang lebih mendetail. Oleh karena itu, perhatikanlah baik-baik saat guru menerangkan bagian yang penting.


Itulah kiranya beberapa cara untuk membuat waktu belajar menjadi lebih efektif.

1 comments:

  1. ikuti cerdas cermat online se jawa timur seri 2 tingkat SD dan SMP, dijamin seru deh.. mata pelajaran yg di ujikan ada 4, yaitu b.indonesia , matematika, ipa sma ips.. hadiahnya menarik lhoo.. buruan ikut.. gratis lhoo..

    ReplyDelete