Tips Atau Cara Jitu Untuk Hidup Hemat Tidak Boros

Be Smart - Banyak orang yang mngatakan hidup hemat itu menahan hawa nafsu untuk belanja/ jajan. Sebetulnya tidak hanya itu saja, ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk hidup hemat. Cuma, kita harus lebih teliti atau berhati-hati dalam keseharian. Jangan suka maen, tu salah satu penyebab keborosan.

Hal paling pertama dilakukan adalah dari niat diri Anda sendiri. Sebab niat merupakan cara agar kita dapat meraih sesuatu agar mencapai tingkat kemaksimalan dalam bertindak. Anda dapat menghitung pengeluaran dalam bulan ini dengan cara menghitung pengeluaran kebutuhan pokok yang Anda butuhkan. Jangan sampai tergoda dengan kebutuhan sekunder dan tersier. Tapi tentukan kebutuhan yang paling pokok dahulu.

Anda bisa hemat dalam makan ala kadarnya dalam keseharian Anda. Jangan suka pilih-pilih makanan dalam keseharian. Yang terpenting Anda dapat kenyang dan memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh Anda. Dan jangan lupa untuk makan-makanan 4 sehat 5 sempurna. Dan usahakan Anda makan dirumah sendiri dari pada makan di warung-warung luar. Sebab selain makan di luar mahal Anda juga tidak tahu tingkat kebersihan makanan tersebut.

Hemat energi dapat anda coba dalam hidup hemat. Seperti hemat listrik, hemat air, dan lain sebagainya. Dari hemat listrik dan air atau yang lainnya kita dapat menyisihkan pengeluaran perbulannya dari hal tersebut. Gunakan lampu dengan sensor cahaya, ini sebuah terobosan dalam dunia teknologi sensor. Lampu akan menyala jika ada orang disekitar lampu tersebut, sehingga jika tak ada orang otomatis lampu mati ini akan menghemat biaya pemakaian listrik.

Gunakan kendaraan umum dalam aktivitas keseharian Anda. Selain Anda dapat menghemat pengeluaran kendaraan umum juga menekan tingkat polusi udara yang marak sekarang ini. Coba bayangkan jika semua orang menggunakan kendaraan pribadi, selain menyebabkan polusi udara kendaraan umum dapat menyebabkan kemacetan.

Hindari keluar maen atau pertemuan yang tidak penting. Karena selain mengeluarkan ongkos untuk perjalanan selain itu mengeluarkan biaya untuk biaya sosial pertemuan ( rokok, makan dan minuman. Hal ini yang biasanya menyebabkan pemborosan dalam keseharian ).

Itu sedikit cara untuk hidup hemat, mungkin masih banyak selain cara di atas. Kalo misalkan ada yang ingin menambahkan, silahkan deh..^_^


sumber

8 comments:

  1. wah bener banget dah,
    hemat pangkal kaya

    ReplyDelete
  2. bilang gampang tpi ngelakuinnya susah gan,hehe

    ReplyDelete
  3. Wachhh mantapp nie.. Apa saya bisa y gan,, hhehhe

    ReplyDelete
  4. nggk ada salahnya buat mencoba!!!
    ;)

    ReplyDelete
  5. Thanx gan...
    "HEMAT PANGKAL KAYA"

    ReplyDelete
  6. Numpang liwat,yang penting kita faham & mengerti perbedaan antara kebutuhan dan keinginan ataupun kemauan. Nah loh, =)) btw nice share gan thanks

    ReplyDelete