Membuat Installer atau File .Exe dengan NSIS " Nullsoft Scriptable Install System"

Lintas Informatika - Setelah sebelumnya saya posting Cara Membuat Installer atau File .Exe Dengan WinRAR, kali ini saya akan berbagi tips lainnya tapi masih dalam topik yang sama yaitu Membuat Installer atau File .Exe dengan NSIS " Nullsoft Scriptable Install System"

NSIS (Nullsoft Scriptable Install System) adalah sumber sistem profesional terbuka untuk membuat installer Windows. Ini dirancang menjadi ukuran kecil dan fleksibel.

Installer yang stabil dan dapat diandalkan merupakan komponen penting dari perangkat lunak. Dengan NSIS Anda dapat membuat installer tersebut yang mampu melakukan segala sesuatu yang diperlukan untuk Setup perangkat lunak Anda.


NSIS adalah script-based dan memungkinkan Anda untuk membuat sebuah logika untuk menangani tugas instalasi yang paling kompleks. Banyak plug-in dan skrip yang sudah tersedia: Anda dapat membuat installer web, berkomunikasi dengan komponen perangkat lunak Windows dan lainnya, menginstal atau memperbarui komponen bersama dan masih banyak lagi.


Fitur
NSIS dapat membuat installer Windows yang mampu menginstal, menghapus, menetapkan pengaturan sistem, mengekstrak file, dll Karena NSIS didasarkan pada script file, Anda dapat membuat kedua installer sederhana dan canggih.


Ukuran Overhead kecil
NSIS dibuat menjadi kecil, cepat dan efisien. Sementara installer lain sering menambah ratusan kilobyte atau megabyte beberapa data installer Anda, installer NSIS fitur lengkap memiliki overhead hanya 34 KB.


Kompatibel dengan semua versi Windows utama
Anda dapat membuat installer tunggal yang kompatibel dengan Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows NT, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Sever 2008 dan Windows 7.


Metode kompresi unik
Anda dapat memilih antara tiga metode kompresi yang berbeda terpadu (zlib, Bzip2, LZMA). Kompresi LZMA baru memberikan hasil yang lebih baik daripada metode kompresi umum lainnya. Anda tidak harus menggunakan modul arsip besar self-extracting atau aplikasi lainnya. Dukungan kompresi termasuk dalam overhead KB 34.


Berbasis Script
Tidak seperti sistem lain yang hanya dapat menghasilkan installer berdasarkan daftar file dan kunci registri, NSIS memiliki bahasa scripting yang kuat. Ini bahasa script dirancang untuk installer dan memiliki perintah yang membantu Anda untuk melakukan tugas-tugas instalasi banyak. Anda dapat dengan mudah menambahkan logika kustom dan menangani upgrade yang berbeda, cek versi dan banyak lagi.
Untuk installer standar atau sebagai titik awal untuk yang lebih kompleks, Anda dapat menggunakan salah satu alat generasi script yang tersedia.



Beberapa bahasa dalam satu installer
Satu installer dapat mendukung bahasa antarmuka ganda. Lebih dari 40 terjemahan yang sudah termasuk, tetapi Anda juga dapat membuat file Anda sendiri bahasa. RTL (kanan-ke-kiri) bahasa seperti bahasa Arab dan Ibrani sepenuhnya didukung.


Banyak fitur dan memeriksa sistem target
Bahasa script menyediakan perintah yang dapat digunakan pada sistem target, dari fitur sederhana seperti pembuatan folder dan registri mengedit teks / biner modifikasi file, modifikasi variabel lingkungan dan reboot sistem. Menggunakan disediakan plug-in, Anda bahkan dapat menggunakan Windows API.


Kustom dialog dan interface
Anda dapat membuat halaman Wizard kustom untuk mendapatkan input pengguna atau mengintegrasikan opsi konfigurasi. NSIS mencakup antarmuka wizard klasik dan modern, tetapi bahkan dimungkinkan untuk membuat antarmuka kustom Anda sendiri.


System Plug-in
NSIS dapat diperpanjang dengan plug-in yang dapat berkomunikasi dengan installer. Mereka dapat ditulis dalam C, C + +, Delphi atau bahasa lain dan dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas instalasi atau memperpanjang antarmuka installer. Anda dapat menggunakan plug-in dengan satu baris kode script. Plug-in juga dapat dikompresi seperti data instalasi lain dan hanya akan disertakan bila Anda menggunakan fitur yang disediakan.


Dukungan untuk web, patching file instalasi
Distribusi NSIS mencakup seperangkat plug-in yang memungkinkan Anda untuk men-download file dari internet, membuat koneksi internet, file patch yang ada dan banyak lagi.


Proyek integrasi, rilis yang berbeda dan membangun secara otomatis
Compiler NSIS fitur preprocessor kuat. Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengintegrasikan beberapa proyek ke dalam installer tunggal atau membangun secara otomatis menghasilkan installer. Anda juga dapat menghasilkan rilis yang berbeda seperti lite dan versi penuh.


Mudah dan format file yang dapat dibaca manusia
Script NSIS format dan format yang digunakan untuk dialog antarmuka yang mudah, terdokumentasi dan dibaca manusia , sehingga Anda dapat mengedit file dengan editor favorit Anda. Hal ini juga membuat generasi script mungkin otomatis .


Compiler Portabel
Compiler NSIS dapat dikompilasi untuk platform POSIX seperti Linux dan * BSD. Installer yang dihasilkan akan tetap berjalan pada Windows saja, tetapi cara ini mereka dapat dihasilkan tanpa Windows atau WINE.



Daftar Fitur Biger
Menghasilkan installer executable mandiri
Dukungan untuk zlib, Bzip2 dan LZMA kompresi data (file dapat dikompresi secara individual atau bersama-sama)
Uninstall dukungan (installer dapat menghasilkan sebuah uninstaller)
Customizable pengguna antarmuka (dialog, font, latar belakang, ikon, teks, checkmarks, gambar dll)
Antar muka Wizard Klasik dan Modern
Sepenuhnya multibahasa, dukungan untuk beberapa bahasa (termasuk bahasa RTL) dalam satu installer. Lebih dari 40 terjemahan yang sudah tersedia, namun Anda juga dapat membuatnya sendiri.
Halaman sistem: Anda dapat menambahkan halaman Wizard standar atau halaman kustom
Pengguna pemilihan komponen instalasi, pohon untuk pemilihan komponen
Beberapa konfigurasi install (biasanya Minimal, Khas, Kendali), dan kustom konfigurasi
Installer diri verifikasi menggunakan checksum CRC32
Overhead kecil atas ukuran data terkompresi (34 KB dengan pilihan default)
Kemampuan untuk menampilkan perjanjian lisensi dalam teks atau format RTF
Kemampuan untuk mendeteksi direktori tujuan dari registri
Mudah untuk menggunakan plug-in system (banyak plug-in untuk penciptaan dialog kustom, koneksi internet, download HTTP, patch file, Win32 API panggilan, dll termasuk)
Installer dapat sebagai besar sebagai 2GB
Opsional diam modus untuk instalasi otomatis
Sebuah preprocessor dengan dukungan untuk simbol didefinisikan, macro, kompilasi bersyarat, standar predefines
Pengalaman coding indah dengan unsur PHP dan perakitan (termasuk variabel pengguna, stack, kontrol aliran nyata, dll)
Installers memiliki VMs mereka sendiri yang memungkinkan Anda menulis kode yang dapat mendukung:
File ekstraksi (dengan dikonfigurasi menimpa parameter)
File / direktori menyalin, mengubah nama, penghapusan, mencari
Plug-in DLL memanggil
DLL / ActiveX control pendaftaran / urung
Executable eksekusi (shell mengeksekusi dan menunggu opsi)
Shortcut penciptaan
Membaca / pengaturan / pencacahan / menghapus Registry key
File INI membaca / menulis
File teks generik membaca / menulis
Powerfull manipulasi string dan bilangan bulat
Jendela temuan berdasarkan nama kelas atau judul
User interface manipulasi (font / text pengaturan)
Jendela pengiriman pesan
Interaksi pengguna dengan kotak pesan atau halaman kustom
Bercabang, perbandingan, dll
Kesalahan pemeriksaan
Reboot dukungan, termasuk menghapus atau mengubah nama di reboot
Installer perilaku perintah (seperti menampilkan / menyembunyikan / menunggu / etc.)
Pengguna fungsi dalam script
Callback fungsi untuk tindakan pengguna
Benar-benar gratis untuk penggunaan apapun.

SILAHKAN DOWNLOAD PROGRAM DISINI : >>KLIK <<<<

4 comments: